K-pop

BoA Tengah Diperiksa Terkait Tuduhan Melanggar Prosedur Bea Cukai untuk Obat-obatan

News Jumat, 18 Desember 2020 19:00 WIB
Foto/Forbes
Foto/Forbes

Penyanyi BoA (nama asli Kwon Boa, 34 tahun) diperiksa oleh pihak kepolisian terkait dugaan penyelundupan obat psikotropika.

Pada tanggal 17 hari ini, '8News' dari SBS mengungkap bahwa "Pada tanggal 16 kemarin, seorang Hallyu Star mendapatkan pemeriksaan oleh pihak yang berwajib akibat mengimport obat dari luar negeri secara diam-diam". 

Hallyu Star tersebut disinyalir sebagai BoA.

Menurut laporan hasil pemeriksaan, melalui staff di Jepang, BoA membeli obat psikotropika seperti Zolpadem dll yang kemudian dikirim atas nama staffnya di Korea yang kemudian tertangkap oleh pihak Bea Cukai. 

Menurut perundang-undangan, diantara obat yang di import BoA terdapat obat yang kadar konsentrasinya lebih tinggi dibanding Zolpadem sehingga diklasifikasikan sebagai obat kategori ''.

Menurut SM Entertainment, BoA pernah menerima resep obat tidur lokal/domestik akibat masalah kesehatan. 

Ia kemudian menggunakan catatan medisnya di Korea untuk kemudian diberikan kepada rumah sakit di Jepang agar mendapatkan obat-obat tersebut. 

Namun, dikarenakan adanya pandemi Covid-19, akhirnya BoA menggunakan perwakilan yang katanya diperbolehkan untuk membeli obat tersebut.

Tindakan mengimpor obat dibawah nama staff atau orang lain dianggap sebagai tindakan kurang pantas. 

Namun staff Jepang mengaku ia mengirim obat tersebut setelah mendapatkan persetujuan dari dokter di Jepang mengenai regulasi boleh dan tidaknya obat tersebut dikirim.

Pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan apakah BoA benar-benar mengimpor barang tersebut atau menyelundupkannya.

 

Sumber: Panncafe